STRUKTUR PASAR

STRUKTUR PASAR

Struktur Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Analisa ekonomi membedakan struktur pasar menjadi 4 jenis yaitu :

1.Pasar Persaingan Sempurna
2.Pasar Monopoli

3.Persaingan Monopolistis
4.Pasar Oligopoli


1. PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya. Perekonomian merupakan pasar persaingan sempuma. Akan tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah untuk menentukan jenis industri yang struktur organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni, yaitu yang ciri-cirinya sepenuhnya bersamaan dengan dalam teori. Yang ada adalah yang mendekati ciricirinya, yaitu struktur pasar dari berbagai kegiatan disektor pertanian. Namun demikian, walaupun pasar persaingan sempurna yang murni tidak wujud di dalam praktek.
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli. Dan setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar. contoh produk : gula pasir,sayuran.

Beberapa kelemahan / keburukan persaingan sempurna yaitu :

1. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
2. Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
3. Membatasi pilihan konsumen
4. Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
5. Distribusi pendapatan tidak selalu merata


CIRI CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA :

1.setiap perusahaan adalah "pengambil harga"
2.setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
3.setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama
4.banyak perusahaan dalam pasar
5.pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar


2. PASAR MONOPOLI

struktur pasar monopoli sifatnya sangat berlawanan dengan pasar persaingan sempurna. monopili berasal dari kata "monos polein" yang dalam bahasa yunani berarti menjual secara sendiri. pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat .contoh produk : listrik,kereta api.


Faktor faktor yang menyebabkan kekuatan monopoli :

1.perusahaan mempunyai sumber daya yang unik dan tidak dimiliki perusahaan lain,contoh : suara emas seorang penyanyi
2.terdapat skala ekonomis dalam kegiatan yang dilakukan monopoli tetapi luas pasarnya terbatas,sehingga satu perusahan saja sudah cukup memenuhi permintaan pasar.
3.pemerintah melalui undang undang memberikan hak monopoli kepada perusahaan tertentu

3. PASAR MONOPOLISTIK

merupakan suatu struktur pasar yang berada diantara pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. disebut demikian,karena pasar monoplistik menawarkan produk yang sejenis,namun memiliki beberapa perbedaan khusus.
pasar ini juga memiliki produsen yang banyak,namun tidak sebanyak pasar persaingan sempurna. pada pasar monopolistik tidak ada satu produsen pun yang menguasai pasar secara dominan,karena jumlah produsen di pasar banyak. produsen dalam pasar monoplistik juga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga,walaupun tidak sebesar pada pasar monopoli atau oligopoli. pasar monopolistik memiliki konsumen yang loyal,untuk mempertahankannya produsen dapat mempengaruhi konsumen dengan promosi. contoh produk : komik,sabun.

4. PASAR OLIGOPOLI

pasar oligopoli adalah suatu pasar dimana terdapat beberapa produsen yang menghasilkan barang barang yang saling bersaingan. ini merupakat sifat utama dari pasar oligopoli.
oligopoli,yaitu keadaan dimana hanya ada beberapa (misal : antar 2 - 10) perusahaan yang menguasai pasar baik secara independent (sendiri-sendiri) maupun secara diam diam bekerja sama.

Ciri ciri pasar oligopoli :

a. jumlah pasar sangat sedikit
b.barang yang diproduksikan adalah "barang standard" atau barang berbeda corak
c.kekuatan menentukan harga ada kala nya lemah dan adakalanya sangat tangguh
d.hambatan untuk masuk ke industri cukup tangguh
  • hak paten
  • modal yang terlalu besar
  • perusahaan
  • promosi secara iklan
macam oligopoli :
  • oligopoli dengan diferensiasi produk
  • oligopoli tanpa diferensiasi produk
kebaikan oligopoli :

karena keuntungan yang besar maka dapat menciptakan inovasi yang sangat berguna,bahkan lebih dari monopoli . cara mengatasi efek negatif dari pemerintahan adalah :
a. menekan hambatan perusahaan yang mau masuk
b. diadakan UU melarang kerjasama antara perusahaan oligopoli baik secara diam diam/terbuka
c. merubah struktur pasar dengan menentukan batas maksimum dari ukuran suatu badan usaha.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "STRUKTUR PASAR"

Posting Komentar